Menuju Bintang Melalui Jerih Payah Dalam Islam

 Per  aspera  ad Astra  atau Ad astra per aspera adalah sebuah kalimat dalam bahasa Latin yang memiliki arti: "Menuju bintang melalui jerih payah." Ini adalah motto negara bagian Amerika Serikat, Kansas. Motto ini juga digunakan oleh kota Cirebon pada masa pemerintahan Belanda.

 Perpisahan Kelas XII SMAN 1 Rantau tahun Pelajaran 2022-2023 yang dilaksanakan hari ini  Rabu 17  Mei 2022-2023 juga mengusung tema ini,Dengan harapan  alumninya akan  menjadi seperti bintang yang menerangi seluruh alam,Untuk menjadi  bintang tentunya  haruslah  melalui usaha  dan jerih payah baik secara jasmani maupun rohani,Sebab sebesar apapun usaha tanpa ada pertolongan  Allah tidak akan  berarti apa-apa.


Untuk menuju bintang melalui jerih payah dalam  Islam..FirmanAllah SWT  Dalam Surah An Najm Ayat 39, Allah SWT mengingatkan umat Islam terkait dengan ikhtiar atau usaha. Sebab dalam Islam, bukan hanya hasil yang dilihat tapi juga proses usaha mendapat sesuatu juga dinilai.,artinya  proses untuk memperoleh itu harus sesuai dengan syariat Islam

Nama An Najm yang berarti bintang, diambil dari perkataan An Najm yang terdapat pada ayat pertama surah ini..

أَنْ لَيْسَ لِلْإِنْسَانِ إِلَّا مَا سَعَى . وَأَنَّ سَعْيَهُ سَوْفَ يُرَى . ثُمَّ يُجْزَاهُ الْجَزَاءَ الْأَوْفَى . وَأَنَّ    إِلَى رَبِّكَ الْمُنْتَهَى       

(Wa anna laisa lil insaanin illaa maa sa’aa. Wa anna sa’yahu saufa yuroo. Tsumma yukhzaahul jazaa-al aufaa. Wa anna ilaa robbikal muntahaa)

Artinya: “Dan bahwasanya seorang manusia tiada memperoleh selain apa yang telah diusahakannya, dan bahwasanya usaha itu kelak akan diperlihatkan (kepadanya).

Kemudian akan diberi balasan kepadanya dengan balasan yang paling sempurna, dan bahwasanya kepada Tuhanmulah kesudahan (segala sesuatu).” (QS An Najm: 39)

Adapun 3 sikap dasar untuk menujui bintang, antara lain: 

1. “Universal”
   Bintang bersinar untuk semua orang tanpa pandang bulu. Ia tidak diskriminatif. Cahayanya terbuka: tidak eksklusif tapi inklusif. Jadi  untuk menjadi seorang bintang harus bisa bersikap adil
2. “Integral”
  Bintang bersinar dengan utuh-penuh dan menyeluruh. Setiap malam selalu berkelap kelip. Ia memantulkan dan membagikan sinarnya 100% dengan sepenuh hati, tidak peduli diabaikan/ditinggalkan, dipergunjingkan/dilupakan.Artinya untuk menjadi  bintang harus tetap berbuat baik walaupun  sekitarnya tidak memperlakukannya dengan baik.
3. “Inspirasional”
  Bintang selalu meng-inspirasi banyak orang. Banyak lagu-drama-prosa dan puisi bicara soal bintang Kehadirannya selalu membawa “enlightenment”, pencerahan bagi dunia.Jadi kalau ingin menuju bintang kita harus menjadi menjadi inspirasi bagi dunia, mencerahkan dan menyegarkan dunia dengan  kasih sayang dan kebaikan,.“Barang siapa yang menyeru kepada jalan petunjuk, maka baginya pahala yang semisal dengan pahala orang-orang yang mengikutinya tanpa mengurangi pahala mereka barang sedikit pun.”



Semoga dengan berkat surah An Najm ayat 39 ini diharapkan dapat memompa semangat alumni SMAN 1 Rantau untuk terus berikhtiar di jalan Allah SWT untuk menggapai cita-cita  dan berguna bagi Nusa, bangsa dan negara.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Panen Berkah 2023

MAHANCAU

BALAHINDANG