Waspada Penyakit Yang disebabkan Oleh Jamur Pada Padi

 

Kemarin  pagi saya jalan -jalan untuk melihat  tanaman padi  di  sawah kami . Embun  yang  menempel di ujung  daun padi  yang menghijau membuat mata  serasa sejuk memandang . Alhamdulillah malamnya   baru turun  hujan ,setelah beberapa hari berturut-turut   panas 
saya perhatikan  ada beberapa bagian dari   tanaman  padi kami yang  tumbuhnya agak rendah , karena  kemarin sempat drop  karena ada penyakit yang menyerang .Menurut pak suami yang biasa mengelola sawah  kami, penyakit yang menyerang  padi kami tersebut disebabkan oleh  jamur.
Hama jamur    menyebabkan batang padi menjadi  seperti berlendir dan daunnya  menjadi berwarna merah  dan akhirnya menjadi lemah dan akhirnya mati  padahal sebelumnya  tumbuh subur dan hijau  
Beruntung pak suami  cepat tanggap dan segera melakukan penyemprotan hama ,Kalau tidak  hama jamur  tersebut bisa menyebar  dengan cepat,seperti halnya covid -19 .Hama jamur bisa dengan cepat   membahayakan   nyawa seluruh padi yang kita tanam .
Menurut https://gdmorganic.com/penyakit-padi.Penyakit yang disebabkan oleh jamur  tersebut dinamakan   penyakit Busuk pelepah  .Jenis  jamur yang menyebabkan penyakit ini adalah Jamur Rhizoctonia sp.  jamur tersebut akan menyerang pelepah daun yang sudah muncul anakan padi.
Selain jamur hama yang paling berbahaya  adalah wereng coklat Wereng akan menghisap cairan batang dalam proses perusakan tanaman padi. 
Curah hujan yang kurang di daerah kami   selama tiga bulan terakhir  .Dan belum adanya saluran irigasi   menyebabkan padi  mudah sekali diserang  hama dan penyakit ,Bukan hanya sawah kami yang diserang hama dan penyakit  tetapi juga sawah sawah petani lainnya
selain itu hama tikus juga   beraksi  ,terutama   pada  sawah yang jarak  tanamnya  terlalu dekat  dan menanam  padinya sudah  lebih dahulu dari yang  sawah yang lain.Demikian juga dengan kupu-kupu.Ulat dari kupu-kupu itu akan menyerang daun  padi  sehingga ujung daun  padi menjadi berwarna keabu-abuan  seperti terbakar
Menurut https://gdmorganic.com/penyakit-padi cara mencegah serangan hama dan penyakit diantaranya :
a. Memperhatikan Masa Tanam
 Langkah pencegahan pertama yang dapat dilakukan agar bisa menghindari terjadinya serangan hama dan penyakit padi yakni memperhatikan masa tanam.
Masa tanam   yang kami  lakukan  dengan memperhatikan  curah hujan karena  belum  ada irigasi  di persawahan kami sehingga  pengairan sawah tergantung pada air hujan.Jadi biasanya  proses penanaman dilakukan sekitar bulan Desember s.d. Januari tahun berikutnya /
kalau menanam padi  sebelum desember ,maka padi sudah akan tumbuh besar di  bulan februari.Sedangkan turunnya tikus  biasanya  di bulan februari.Kalau  padi sudah mulai besar  tikus akan  sulit melewati tanaman padi tersebut  lalu  memakannya  tanpa ampun.
b. Pemilihan Varietas Padi
Langkah kedua yang bisa dijalani petani agar dapat menghindari terjadinya berbagai penyakit dan hama padi seperti penyakit merah pada padi adalah memilih varietas.
Petani harus dapat memilih varietas yang lebih tahan terhadap  penyakit dan hama agar tidak lemah dan mudah terserang sehingga  tidak menyebabkan kerugian bagi petani tersebut. 
Bagi kami  pemilihan varietas  padi  juga  menyesuaikan dengan varietas padi yang di tanam  oleh petani yang sawahnya berdampingan  dengan sawah kami .
 Kalau varietas padi berbeda umurnya maka pemeliharaannya  akan  lebih sulit .Hal ini pernah kami alami ketika sawah yang berdampingan  dengan sawah  kami menanam padi  yang   lebih cepat berbuah sehingga lebih dulu panen ,sedangkan padi kami baru mulai berbuah,sehingga hama terutama  biasanya hama walang sangit  itu berpindah  ke tanaman padi kami.
Hama walang sangit bisa a mengisap isi dari  buah padi,sehingga padi bisa  menjadi hampa 

c. Memaksimalkan Perawatan
Langkah ketiga yang harus dijalani petani agar bisa menghindari berbagai hama dan penyakit pada tanaman padi adalah memaksimalkan perawatannya. Petani perlu memperhatikan dengan benar proses perawatan yang terbaik agar hasil panen mendapatkan yang terbaik

Mencegah lebih baik dari mengobati,oleh karena itu sebelum hama dan penyakit  menyerang ,sebaiknya lebih dulu dilakukan penyemprotan  insektisida ataupun fungisida yang sesuai untuk tanaman padi.Kemudian dilakukan  pemupukan yang teratur  

Kalau tahun  kemarin  harga gabah mahal  ,namun berakibat  Tahun ini harga pupuk, herbisida dan insektisida melonjak naik .Bagi kami  yang  tidak termasuk dalam kelompok tani  ,Kami tidak bisa mendapatkan pupuk yang bersubsidi  ,Sedangkan harga pupuk yang tidak bersubsidi itu mencapai Rp400.000,00 /bantal .Padahal tahun sebelumnya hanya sekitar Rp150.000,00/bantal.

Belum lagi upah ,Kalau upah untuk tahun ini masih sama seperti tahun kemarin,Alhamdulillah  buruh tani  masih bisa bekerja sama  dengan tidak menaikkan upah .Namun untuk tahun depan hal ini perlu juga di perhatikan.
Saya yang  terbiasa dari  anak-anak bekerja  di sawah ,sampai sekarang  tidak merasa canggung untuk turun kesawah .Kadang-kadang saya merindukan hal-hal yang dulu pernah saya kerjakan di sawah  mulai dari pembibitan ,mengolah tanah ,menanam  padi  ,menyiang rumput  dan  memanen padi  mulai dari memakai ani-ani  kemudian pakai arit sudah pernah saya lakukan .
Seiring perkembangan teknologi  pengolahan sawah  dan padi sekarang sudah  jauh lebih mudah.Pengolahan tanah bisa dilakukan dengan melakukan  penyemprotan  herbisida,Sehingga rumput bisa mati kemudian setelah  itu   dibajak    dengan menggunakan traktor..
Untuk pembibitan  dan penanam padi masih menggunakan cara tradisional  ,Karena  cara tanam dengan menggunakan mesin tidak memungkinkan untuk jenis padi yang ditanam.Untuk panen  sekarang sudah bisa menggunakan   mesin  sehingga lebih cepat dan lebih hemat.
Namun sayang  ,Minat pemuda-pemuda untuk  menjadi petani sekarang sudah mulai berkurang. Karena menjadi petani  itu melelahkan dan hasilnya tidak seberapa Namun apa jadinya negara kita kalau  rakyatnya  sudah tidak ada  yang bisa bertani.Padahal makanan pokok sebagian besar rakyat Indonesia  adalah beras . 
Diantara pemuda-pemuda  itu  juga  ada yang    asik menikmati fasilitas yang sudah di sediakan oleh orang tua..Mereka asik  .  bermain game  ,tanpa memperhatikan  bagaimana masa depan mereka .Demikian  juga dengan anak -anak gadisnya    ,mereka dimanjakan dengan  tersedianya skin care  dan  alat-alat  make -up lainnya .Sehingga untuk turun ke sawah   tentunya akan berpikir seribu kali. khawati  klitnya terpapar sinar ultra violet.
Bagaimanapun juga nantinya  ,diantara kita  harus ada yang mengalah unuk menjadi petani, Supaya  sebutan negara   kita sebagai negara agraris ,tetap melekat   dalam jiwa anak bangsa kita.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Panen Berkah 2023

MAHANCAU

BALAHINDANG