MEMORY 1908

 

 Bangsa yang Besar adalah bangsa yang tidak melupakan sejarahnya

(Bung Karno)


Kemarin,Sabtu tanggal 20 Mei 2023 ,kita memperingati  hari  kebangkitan Nasional,Untuk itu marilah kita buka  kembali lembaran sejarah  perjuangan bangsa lahirnya kebangkitan Nasional  yang dimulai pada tanggal 20 Mei 1908 .Tentunya pada  saat  itu  penulis  belum lahir  tapi melalui pembelajaran di sekolah ,membaca buku dan informasi melalui media televisi dan radio  sehingga penulis bisa mengetahuinya.

Hari Kebangkitan Nasional atau dikenal dengan Harkitnas diperingati setiap tanggal 20 Mei. Tanggal tersebut bertepatan dengan lahirnya Organisasi Boedi Oetomo yang berdiri pada tahun 1908. Namun, harkitnas tidak lantas ditetapkan pada tahun tersebut, melainkan ditetapkan pada tahun 1948 atau dua puluh tahun setelahnya oleh Soekarno.

Mengutip Kemdikbud RI, latar belakang Hari Kebangkitan Nasional adalah bangkitnya semangat nasionalisme, persatuan, kesatuan dan kesadaran untuk memperjuangkan kemerdekaan Negara Indonesia.

Budi Utomo didirikan oleh Dr Sutomo dan para mahasiswa School tot Opleiding van Indische Artsen atau STOVIA pada 20 Mei 1908. Sejak saat itu, Indonesia memasuki masa pergerakan nasional. Dr Sutomo beserta kawan-kawannya ingin mendirikan sebuah organisasi yang bergerak di bidang sosial, ekonomi, dan budaya. Keinginan itu berdasarkan dari gagasan Dr Wahidin Sudirohusodo yang ingin meningkatkan martabat rakyat dan bangsa Indonesia. Gagasan itu muncul melihat kondisi bangsa Indonesia pada saat itu memprihatinkan akibat sistem kolonialisme Belanda. Pendidikan rakyat Indonesia, terutama kaum pribumi, rendah dan tidak mendapat informasi atau tertutup dari dunia luar.

Dr Sutomo beserta para pelajar STOVIA mendirikan perhimpunan Budi Utomo untuk mengejar ketertinggalan bangsa dari bangsa-bangsa lain. Lahirnya Budi Utomo ini menandai terjadinya perubahan bentuk perjuangan dalam mengusir penjajah, menjadi perjuangan dengan kekuatan pemikiran dan bersifat nasional. Perjuangan yang selama ini bersifat kedaerahan, berubah menjadi nasional dengan tujuan mencapai kemerdekaan. Perjuangan yang selama ini dilakukan dengan secara fisik, juga dilakukan dengan cara memanfaatkan kekuatan pemikiran. Tokoh Kebangkitan Nasional yang terkenal disebut Tiga Serangkai, yaitu Douwes Dekker, dr Cipto Mangunkusumo, dan Ki Hajar Dewantoro (Suwardi Suryoningrat). Organisasi Budi Utomo inilah  yang memelopori munculnya organisasi-organisasi pergerakan di masa selanjutnya, seperti Sarekat Dagang Islam (SDI), Indische Partij, Perhimpunan Indonesia, dan Muhammmadiyah.




Sejak 1908 itulah, sejarah Indonesia memasuki babak baru yaitu masa pergerakan nasional. Pergerakan nasional adalah masa bangkitnya rasa semangat persatuan, kesatuan dan nasionalisme serta kesadaran untuk memperjuangkan kemerdekaan Republik Indonesia.

Dan Sekarang kita sudah Merdeka ,Apa yang bisa kita lakukan  untuk  bangkit mengisi kemerdekaan?
Sebagai guru, penulis berusaha untuk  melaksanakan tugas  untuk  mengajar dan mendidik peserta didik  sehingga diharapkan nantinya mereka menjadi generasi penerus bangsa  yang berakhlak mulia  dan memiliki kompetensi keahlian yang  bisa membuat mereka hidup layak  dan memilki  tanggung jawab atas kelangsungan hidup bangsanya.

Adapun kendalanya di masa kemajuan sekarang  sepertinya anak -anak lebih senang bermain HP,dari pada   mengerjakan suatu pekerjaan yang bisa menumbuhkan ilmu pengetahuan dan skill mereka. Beberapa anak, mereka lebih senang bermain game dan  berselancar di media sosial .Kalau bermain HP mereka bisa sambil rebahan ,tetapi kalau belajar  dan bekerja  tidak bisa demikian harus fokus perhatiannya.
Menghadapi kendala yang demikian ,Dengan semangat untuk  bangkit  penulis sebagai guru  akan berusaha  menyiapkan perencanaan KBM yang  tepat ,Memilih media dan model pembelajaran yang bisa mendukung  KBM menjadi lebih menarik dan menyiapkan instrumen evaluasi yang berkualitas .Sehingga mendapatkan hasil belajar yang optimal

Dan Akhirnya sesuai tema  Hari kebangkitan Nasional  2023 'Semangat Untuk Bangkit" Marilah kita Bangkit dengan keberanian ,kesucian dan gotong  royong membangun Indonesia  agar lebih  kuat dan tangguh  dalam menghadapi segala ancaman, tantangan ,hambatan  dan gangguan   baik dari luar maupun dalam negeri dan semoga  Indonesia menjadi negeri yang  makmur,bahagia dan sejahtera,terhindar dari bala dan musibah.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Panen Berkah 2023

MAHANCAU

BALAHINDANG